"Gerbang Peradaban"

Mural di dinding
4.3 m x 12.6 m
2019

Pelabuhan Bakauheni merupakan pintu gerbang pulau Sumatera yang menghubungkan Sumatera dengan Jawa melalui selat Sunda. ASDP, sebuah perusahaan jasa transportasi penyeberangan yang dibentuk pemerintah pada 1973 ini berperan penting dalam membantu menyeberangkan logistik dan jasa transportasi masyarakat.

Terminal Eksekutif Sosoro Merak dan Anjungan Agung Bakauheni bisa dibilang sebagai gerbang peradaban. Gerbang menuju semakin baiknya layanan dan fasilitas penyeberangan. Menuju semakin mudahnya logistik terdistribusi ke seluruh pelosok negeri.

Serrum merupakan perkumpulan studi seni rupa dan pendidikan berbasis di Jakarta dan didirikan pada 2006. Kata Serrum berasal dari kata “share” dan “room” yang berarti “Ruang Berbagi”. Serrum berfokus pada isu pendidikan, sosial-politik, dan perkotaan. Kegiatan Serrum meliputi proyek seni, pameran, lokakarya, diskusi, dan kampanye kreatif dengan metode kerja partisipatoris, kolaborasi, dan aktivasi. Selain menggunakan medium seni untuk berkarya, berjalannya waktu memberi kesadaran bagi Serrum untuk ingin terlibat tidak hanya sebagai sebuah kolektif seniman yang memproduksi karya sendiri. Keahlian dalam mengenal dan memahami medium ini digunakan untuk membantu berbagai kegiatan pameran di Jakarta. Pada beberapa kesempatan, Serrum juga terlibat di beberapa perhelatan pameran dalam skala nasional maupun internasional. Dalam perjalanannya, Serrum juga memfokuskan diri ke seni mural/lukis dinding. Kegiatan ini dilakukan sebagai apresiasi dan juga komersil.